Jumat, 28 Januari 2011

Hewan Unik dengan Kamuflase [Menyamar] Terbaik


Hewan Unik dengan Kamuflase [Menyamar] Terbaik - Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. Tujuan adaptasi dengan lingkungannya adalah untuk mencari makan dan melindungi diri. Dengan demikian, makhluk hidup mampu bertahan hidup dan berkembang biak.

Cara beradaptasi oleh makhluk hidup sangat beragam, contoh pada Kadal adalah adaptasi Fisiologi, dengan merubah warna kulit. Kulit kadal dapat berubah warna karena pigmen yang dikandungnya. Perubahan kulitnya terjadi sebagai respon atas suhu, cahaya dari keadaan sekitarnya. Perubahan warna kulit dibantu oleh hormon dan pigmen(zat warna pada kulit) untuk mengubah susunan pola warnanya sehingga terekspresikan sesuai dengan sinyal saraf yang diterimanya. Cahaya ini ditangkap sel chromatophores yang amat sensitif akan memicu pergolakan pigmen-pigmen.
Hal ini merupakan salah satu cara bagi Kadal untuk berkamuflase. Kamuflase adalah suatu kemampuan hewan untuk menyamarkan diri sehingga kehadiran hewan tersebut di lingkungan tidak jelas.

Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptil memang jagonya dalam hal kamuflase, hewan ini dapat menyatu dengan lingkungannya secara sempurna. Sulit dilihat walau dalam jarak dekat. Penyamarannya sangat menakjubkan.

Beberapa gambar kamuflase (penyamaran) kadal yang sempurna :








0 komentar: