Jumat, 28 Januari 2011

Tips Makanan Tepat untuk Orang Sibuk





Tips Makanan Tepat untuk Orang Sibuk - Kesibukan membuat kita kadang tidak cukup lagi menelan makanan yang padat gizi.

Apakah Anda orang yang sibuk? Kesibukan kadang membuat kita sulit untuk makan makanan yang sehat. Kesibukan dapat membuat kita terlalu banyak makan makanan yang kalorinya kosong, tidak cukup lagi menelan makanan yang padat gizi, juga tidak cukup mengkonsumsi makanan.

Agar dapat mengonsumsi makanan yang sehat di antara jadwal yang sangat sibuk, Anda harus merencanakannya secara disiplin.

Pertama, siapkan hanya makanan-makanan sehat di rumah. Saat sibuk, junk food yang tergeletak di rumah mudah untuk Anda ambil lalu berlari keluar pintu sambil mengunyahnya. Ganti semua makanan itu dengan buah-buahan dan sayuran segar. Bisa juga dengan selai kacang, keju, dan yogurt. Jika tidak memiliki akses dengan makanan tidak sehat, maka akan mustahil Anda mengonsumsinya.

Kedua, siapkan makanan sebelum waktunya. Gunakan satu jam saat weekend untuk menyiapkan beberapa bahan masakan yang akan dimasak dalam seminggu. Panggang beberapa dada ayam dan rebus beberapa telur. Simpan bahan-bahan masakan itu pada tempatnya masing-masing agar tidak basi. Kalau perlu tempatkan di freezer agar dapat digunakan selama seminggu.

Ketiga, letakkan paket snack sehat di tas. Gantilah lemak dan gula tinggi pada permen yang biasa diedarkan di tempat kerja dengan snack sehat yang dibawa dari rumah, misalnya kacang-kacangan, buah-buahan kering, atau buah segar. Makan snack itu di antara waktu makan untuk mencegah lapar. Jika di kantor ada kulkas, bawalah yoghurt, potongan keju, ataupun snack lain yang sehat.

Keempat, makan sesuatu yang mudah untuk disiapkan saat sarapan. Melewatkan sarapan dapat memperlambat metabolisme dan menyebabkan Anda kelaparan di hari itu. Orang-orang yang sarapan secara teratur cenderung memiliki pola makan yang sehat. Jika jadwal erlalu ketat untuk sarapan, buatlah telur rebus dan Anda dapat memakannya dengan roti gandum di perjalanan ke tempat kerja.

Kelima, campurlah makanan yang memiliki keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak. Campur dalam gelas shaker susu rendah lemak dengan es atau air dingin, kemudian tutup dan kocok sampai bahan tercampur dengan rata. Konsumsi itu jika Anda tidak memiliki akses ke makanan sehat selama beberapa jam.

Keenam, jika Anda benar-benar tidak punya pilihan lain selain berhenti di sebuah restoran cepat saji, Anda harus tahu apa yang seharusnya dipesan. Pilih daging panggang, salad, dengan saus rendah kalori, gandum gulung, sup kaldu, dan roti. Hindari makan gorengan dan saus berkalori tinggi.

0 komentar: