Selasa, 01 Februari 2011

Cek Kesehatan Reproduksi Sebelum Menikah



Cek Kesehatan Reproduksi Sebelum Menikah - Selain menyiapkan mental, calon pasangan suami istri sebaiknya memeriksakan kesehatan alat reproduksi mereka agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Pemerhati masalah perempuan dan keluarga di Jayapura, Juliana Langowuyo, Sabtu, mengatakan kesehatan alat reproduksi seseorang sangat penting terutama dalam hidup berkeluarga guna memperoleh keturunan.

“Kalau salah satu pasangan mempunyai masalah dengan organ vital itu, tidak tertutup kemungkinan mereka akan kesulitan untuk memperoleh keturunan,” kata Juliana.

Dengan demikian, lanjutnya, sangat dianjurkan bagi calon pasutri untuk bersama-sama mengunjungi ahli guna memeriksakan kesehatan organ reproduksi mereka.

Karenanya, pemeriksaan kesehatan pra pernikahan sangat disarankan. “Mungkin sebelumnya perlu ada saling komitmen antara pasangan untuk tidak saling menyalahkan dan menjatuhkan, dan bersiap menerima apapun yang menjadi hasil analisis ahli atas kesehatan alat paling vital manusia itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam hal kehidupan berkeluarga di mana ada kasus salah satu pasangan ternyata mengalami gangguan pada kesehatan alat reproduksinya, “janganlah menjadikan hal itu sebagai sumber masalah”.

“Di sini pentingnya dukungan dari semua pihak terutama pasanganya, untuk memberikan motivasi kepada yang bersangkutan dan mengajaknya memeriksakan diri,” kata Juliana.

Kepada semua pihak terkait, Juliana mengharapkan diperbanyaknya sosialisasi yang luas tentang masalah kesehatan reproduksi kepada masyarakat. “Tanpa mengenal organ kesehatan reproduksi dengan baik maka dikhawatirkan hal tersebut pada kemudian hari akan menjadi sumber masalah,” lanjutnya.

0 komentar: