Senin, 13 Desember 2010

3 Makanan Pencegah Penuaan Dini


Perempuan mana sih yang ingin cepat tua? Pastinya semua perempuan ingin selalu tampak muda dan cantik. Lalu kenapa ya ada sebagian perempuan yang tampangnya lebih 'boros' dari usia? Ini tak lain karena gaya hidup yang tak sehat dan tak bisa lepas dari peranan antioksidan di sekitar kita. Lantas bagaimana caranya memerangi penuaan dini?

Antioksidan hadir saat sejumlah zat gizi bekerja lebih efektif dalam tubuh. Apabila anda mengonsumsi antioksidan, maka akan memerangi oksidan dengan melekatkan diri pada radikal bebas sehingga mengurangi peradangan yang berkaitan dengan berbagai aspek dari proses penuaan. Berbagai jumlah makanan bergizi dikonsumsi oleh setiap orang, tetapi hanya ada beberapa yang mampu memperlambat penuaan, yaitu ikan Salmon, blueberry dan teh hijau. Yuk kita bahas satu persatu..

* Ikan Salmon
Kandungan antioksidan dalam ikan salmon akan membuat vitamin C dan E bekerja lebih lama sehingga mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Sumber protein memang terdapat dalam ikan salmon yang dibutuhkan untuk membuat seluruh sel, kulit, rambut, mata, otot dan organ-organ lainnya. Kandungan lemak sehat, yaitu Omega 3 mampu meningkatkan HDL untuk menurunkan efek negatif dari kolesterol LDL.

* Blueberry
Blueberry mengandung antosianin sehingga membantu vitamin C dan E bekerja lebih baik dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Denmark menunjukkan bahwa beri digunakan dalam pengurangan inflamasi dan pencegahan atau pengobatan alzheimer, parkinson, pikun dan gangguan mood atau suasana hati. Selain sebagai 'sunscreen', antosianin juga berfungsi sebagai antioksidan bertenaga penuh untuk membantu melindungi organisme dari radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar UV.

* Teh Hijau
Teh hijau memang minuman yang menyehatkan. Para peneliti di Jepang, telah membuktikan bahwa teh hijau merupakan sumber antioksidan penjaga bagi neuron otak dan mencegah penurunan kognitif. Jadi teh hijau tidak hanya dikonsumsi bagi anda yang ingin berdiet lho. Karena teh hijau juga mampu mengeluarkan toksin dalam tubuh. Percaya atau tidak, silakan anda buktikan sendiri khasiatnya.

0 komentar: