Kamis, 18 November 2010

Prediksi Tsunami Siberut Kepulauan Mentawai, Pemerintah Harus Siaga





PADANG - Menko Kesra Agung Laksono meminta Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota segera menyiapkan langkah-langkah yang konkret terkait prediksi gempa dan tsunami di Siberut, Kepulauan Mentawai, seperti dikemukakan para ahli.

Pemerintah diminta melakukan sosialisasi mitigasi, pencerdasan masyarakat, apa-apa yang mesti dilakukan saat terjadi bencana.

"Pendidikan dan membudayakan cara-cara penyelamatan diri masing-masing ketika bencana terjadi itu, merupakan upaya yang mesti disegerakan. Pembangunan shelter-shelter serta pembangunan perumahan masyarakat, gedung-gedung kantor, dan lain-lain hendaknya mengacu pada standard kualitasnya yang baik," kata Agung di ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, Selasa (16/11/2010).

Selain itu, kata Agung, pemerintah daerah mesti melakukan penataan ulang tata ruang yang lebih baik dalam menghadapi bencana sesuai dengan kondisi dan situasi, alam, bencana, dan masyarakat.

"Sehingga ke depan pengembangan dan kenyamanan hidup masyarakat lebih terjamin dalam artian dapat mengurangi kerugian maupun korban jiwa," ujarnya seraya menyambung, tidak ada lagi menunggu bencana datang baru melakukan sosialisasi dan penataan ruang.

1 komentar:

SUPAYA ANDA KUAT SEX SEPERTI ANDA MAU mengatakan...

pemerintah harus elalu waspada,jangan kejadian tsunami terjadi lagi