Rabu, 10 November 2010

Ketika Akademi Sulap Menjadi Pilihan







SURABAYA - Ilmu sulap sangatlah mudah untuk dipelajari dan semua orang pasti bisa melakukannya. Begitulah slogan di Komunitas Sulap Surabaya yang bernama Dimensi Magic Entertaimnet (DME).

Club sulap yang bermarkas di Jalan BKR Pelajar Nomor 30, Surabaya, ini selalu mengasah keahlian di bidang sulap. Uniknya, rata-rata Masternya di club ini banyak belajar secara otodidak.

Empat orang yang menggawangi perkumpulan itu, bisa dibilang lebih mahir di antara 23 orang lainnya. Mereka adalah, Arsya Ananda, Mercelino Michel dan Eko Wahyudi serta Asmodius Loki. Selain acara kumpul-kumpul rutin, mereka juga membuka kelas khusus sulap di tempat tersebut.

"Sulap itu mudah, semua orang bisa asalkan mau belajar," kata Arsya Ananda kepada okezone, belum lama ini.

Master hypnotis ini menjelaskan, Sulap merupakan suatu seni pertunjukkan. Karena si pesulap pintar menyajikan sehingga penonton akan berdecak kagum. Sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari, seni musik, seni rupa. Serta gabungan berbagai disiplin ilmu seperti ilmu fisika, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu psikologi, dan lain-lain. Sulap atau tidak sama dengan mistik atau sihir.

Oleh karena itu ada beberapa kategori aliran sulap yang banyak berkembang di Indonesia. Seperti, Illusion, kemahiran penggunaan peralatan ilusi yang membuat effect mustahil seolah-olah terjadi. Kemudian bizarre, yakni kemahiran menggunakan cerita dan kata-kata untuk menyentuh perasaan penonton secara mendalam, biasanya menggunakan peralatan-peralatan berkaitan dengan hal-hal yang mistis dan menyeramkan.

Selanjutnya ada flourish yang lebih mengedepankan kecepatan gerak seperti menghilangkan dan memunculkan sesuatu. Ditambah lagi, mentalish, sulap yang menggunakan pikiran seperti Dedy Corbuzier. Kemudian aliran fakir, aliran ini mirip debus namun dan dikemas seolah-olah betul-betul terjadi seperti Master Limbad.

Kemudian ada close up magic, atau yang lebih dikenal dengan sulap jarak dekat. Sulap ini biasanya dimainkan di depan sekelompok kecil atau orang per orang. Kemudian menggunakan peralatan sehari-hari, seperti kartu, koin, peniti, tali, korek api, pulpen, dan rokok.

Kemudian ada hypnotis, yang selalu memainkan alam bawah sadar manusia. Dan funny magic atau lebih dikenal dengan sulap yang dicampur dengan komedi, seperti Pak Tarno. "Sulap gaya seperti ini selalu membuat penonton tertawa dengan aksi pesulap," kata Loki menambahkan.

Bagi pemula, diikutkan dalam kelas dasar. Di kelas ini, mereka akan diajarkan trik-trik dasar dalam sulap, seprti mengocok kartu, sulap koin serta permainan ring atau cincin. Kemudian diajarkan pula public speaking dasar. Kelas ini memiliki waktu satu bulan dengan delapan kali pertemuan. "Untuk kelas dasar kita mematok harga Rp350 ribu," terang Arsya.

Lulus dikelas ini dilanjutkan dengan kelas berikutnya. Dalam kelas ini, akan diajarkan full public speaking. Di antaranya, senam wajah, olah vokal serta koreografi. Sedangkan untuk penjurusan, tergantung karakternya.

0 komentar: