Kamis, 11 November 2010

Erupsi, Pasar di Lereng Merapi Tetap Ramai




Erupsi Gunung Merapi beberapa waktu lalu
BOYOLALI - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang terus mengalami peningkatan, ternyata tidak cukup berpengaruh bagi warga Cepogo, Boyolali Jawa Tengah. Hal ini terlihat dari aktivitas di Pasar Cepogo yang hanya berjarak sekira 9 kilometer dari puncak Merapi.

Pasar ini tetap ramai dikunjungi pembeli, meski sejak Rabu ((10/11/2010) dini hari tadi, Merapi terus mengeluarkan awan pekat disertai kepulan asap sulfatara.

Pantauan di lapangan, ratusan orang masih melakukan transaksi jual-beli di pasar ini. Beberapa pedagang sayuran juga tampa canggung menjajakan barang dagangan mereka.

Truk-truk pengangkut sayur mayur juga terlihat hilir mudik membawa kebutuhan sehari-hari warga Boyolali.

Tim siaga bencana di wilayah ini memang belum memerintahkan warga agar segera mengungsi, atau setidaknya menghentikan aktivitas ekonomi mereka, dengan alasan awan panas masih mengarah ke bagian barat Merapi.

Tim siaga serta sejumlah relawan hanya bersiap-siap jika sewaktu-waktu Merapi memberi tanda-tanda peningkatan aktivititasnya. Jika terlihat tanda-tanda mencurigakan, petugas akan memperingatkan warga melalui pengeras suara untuk bergeser ke radius yang lebih aman.

0 komentar: