Sabtu, 13 November 2010

"Untung Ada Gayus!"



Gayus Tambunan
JAKARTA - Kasus Gayus Tambunan yang mencoreng nama Direktorat Jendral Pajak (Ditjen Pajak) menjadi dasar bagi entitas tersebut untuk terus melakukan pembenahan.

"Untung ada Gayus, kami jadi bisa berbenah, bisa evaluasi," ujar Kasubdit Banding dan Gugatan II Jon Suryayuda Soedarso dalam obrolan santainya bersama wartawan di kantornya Direktorat Jendral Pajak, Jumat (12/11/2010).

Pembenahan yang dilakukan oleh Ditjen Pajak, kata Yon dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah pengajuan Peninjauan Kembali (PK) yang dilakukan Ditjen Pajak kepada Mahkamah Agung. "Dari Januari sampai September 2010, pengajuan (PK) kita ke MA sampai 617," jelasnya.

Dikatakan bahwa angka tersebut meningkat dari tahun ke tahun. PK yang diajukan Ditjen Pajak kepada Mahkamah Agung pada 2008 angkanya baru mencapai 114 kasus. Sedangkan pada 2009 PK yang diajukan bertambah lebih dari 100 persen sebesar 255. Peningkatan yang besar terjadi pada 2010 ini dengan perkiraan sampai akhir tahun akan melebihi angka 700.

Peningkatan yang besar pada tahun ini sejalan dengan pembenahan institusi secara menyeluruh, salah satunya adalah pembenahan permasalahan gugatan dan PK. "Kenapa banyak, karena ada Gayus juga, jadi kita mulai evaluasi," pungkasnya.

0 komentar: