Rabu, 10 November 2010

Israel Halau Rudal dengan SMS




TEL AVIV - ­ Kekhawatiran Israel terhadap serangan rudal dari negara lain ke wilayahnya,
mendorong Israel Defense Forces mengembangkan teknologi yang dapat menghalau serangan rudal dan meminimalisir jatuhnya korban.

Salah satu teknologi yang dikembangkan Israel adalah mengembangkan aplikasi untuk ponsel. Aplikasi yang dikembangkan eViglio tersebut berfungsi untuk mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada masyarakat bila sewaktu-waktu datang serangan rudal secara tiba-tiba.

Aplikasi yang dikembangkan bersama Ericsson itu diperkirakan akan aktif berjalan pada Juni 2011. Demikian dilansir Cellularnews, Selasa (9/11/2010).

eViglio memenangi tender untuk mengembangkan sistem tersebut. Sistem ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan oleh IDF Home Front Command untuk mengintegrasikan semua tanda darurat di Israel ke dalam satu sistem terpusat yang memungkinkan sistem peringatan untuk dikirim ke telepon seluler, stasiun televisi dan radio, situs web dan billboard.

Dengan sistem baru ini, pemberitahuan akan dikirim ke daerah-daerah geografis yang berbeda sesuai dengan ancaman yang relevan. Home Front Command dapat memilih area tertentu dan mengirim pesan teks yang telah diprogram.

Sistem ini memungkinkan pengiriman pesan peringatan dalam beberapa bahasa secara bersamaan yakni, Ibrani, Inggris, Rusia, Arab dan Amharic. Selain itu sistem ini juga dapat digunakan untuk memberitahu warga dalam kasus-kasus bencana alam seperti gempa bumi dan badai.

0 komentar: